COMPUTER SYSTEM ENGINEERING


Rekayasa sistem adalah kegiatan penspesifikasian, perancangan, pengimplemantasian, pemvalidasian, penyebaran, dan pemeliharaan sistem sebagai satu kesatuan. Perekayasa sistem tidak hanya berpikir mengenai perangkat lunak, tetapi juga mempertimbangkan perangkat keras, disamping interaksi sistem user dan lingkungannya. Sedangkan Sistem adalah sekumpulan komponen yang saling berhubungan dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan.
Karakteristik sistem ialah bahwa properti dan perilaku komponen sistem mau tak mau bercampur, keberhasilan berfungsinya setiap komponen sistem bergantung dan berfungsinya beberapa komponen lain. Sistem sering kali hierarkis, dalam artian bahwa mereka mencakup sistem-sistem lainnya. Sebagai contoh, sistem perintah dan kontrol polisi mungkin melibatkan sistem informasi geografis untuk memberikan detil lokasi suatu peristiwa. Sistem-sistem lain ini disebut subsistem.
Karakteristik subsistem adalah kemampuannya untuk beroperasi sebagai sistem independen. Dengan demikian, beberapa sistem informasi geografis dapat dipakai pada sistem lain. Namun demikian, perilakunya pada sistem tertentu, bergantung pada hubungannya dengan sistem lain.
Adanya hubungan yang kompleks antar komponen pada sistem memiliki arti bahwa sistem tersebut lebih dari sekadar penjumlahan bagian-bagiannya. Komponen sistem memiliki properti yang merupakan properti sistem secara keseluruhan.

download disini

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s